IPB in General

5 03 2010

Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor. IPB melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 1 September 1963. Rektor IPB saat ini untuk periode 2008-2012 adalah Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. Sejarah perkembangan IPB dimulai dari tahapan embrional (1941-1963), tahap pelahiran dan pertumbuhan (1963-1975), tahap pendewasaan (1975-2000), tahap implementasi otonomi IPB (2000-2005) dan menuju tahap IPB berbasis Badan Hukum Milik Negara (BHMN) yang akan dimulai pada tahun 2006. Pada tahun 2007 secara embrional IPB direncanakan menjadi universitas riset.

Lahirnya IPB pada tanggal 1 September 1963 berdasarkan keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 yang kemudian disyahkan oleh Presiden RI Pertama dengan Keputusan No. 279/1965. Pada saat itu, dua fakultas di Bogor yang berada dalam naungan UI berkembang menjadi 5 fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan dan Fakultas Kehutanan. Pada tahun 1964, lahir Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang kini menjadi Fakultas Teknologi Pertanian.

Pada tanggal 26 Desember 2000, pemerintah Indonesia mengesahkan status otonomi IPB berdasarkan PP no. 152. Semenjak itu IPB merupakan perguruan tinggi berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

Saat ini terdapat sembilan fakultas yaitu, fakultas pertanian, fakultas kedokteran hewan, fakultas perikanan, fakultas peternakan, fakultas kehutanan, fakultas teknologi pertanian, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas ekonomi dan manajemen, serta fakultas ekologi manusia. Aktivitas kampus tidak hanya kuliah atau praktikum saja. Disini mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mengembangkan bakatnya dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), jenis UKM yang ada adalah UKM olahraga, beladiri, cinta lingkungan, seni dan budaya, keilmuan, dll. Mahasiswa juga dapat mengembangkan softskill nya dengan mengikuti lembaga kampus yaitu BEM KM atau BEM fakultas. Setiap departemen juga memiliki himpunan profesi (HIMPRO) masing-masing. Aktivitas himpunan profesi ini adalah mengembangkan bidang keilmuan departemen tersebut. Contohnya, Departemen Biokimia mempunyai himpunan profesi yang bernama Community of Research and Education in Biochemistry (CREBs) yang memiliki tiga bidang keilmuwan yaitu, metabolisme, biologi molekuler, dan bioanalisis.




Actions

Information

Leave a comment